0
Sabtu, Mei 04, 2013
TUGAS EKOLOGI INDUSTRI

1.Contoh jenis hubungan interaksi antar oragnisme
Jawab :
·         Hubungan Netral
Netralisme adalah hubungan tidak saling mengganggu antar organisme dalam habitat yang sama, bersifat tidak menguntungkan dan tidak saling merugikan kedua belah pihak.
Contohnya hubungan antara kambing dan ayam yang dipelihara manusia dalm kandang yang berdekatan
·         Hubungan simbiosis
Hubungan simbiosis adalah hubungan yang saling memengaruhi antar dua organism.
a.       Simbiosis mutualisme
Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
Contohnya :
Simbiosis antara bunga dan lebah. Lebah mendapatkan madu sebagai makanannya, sedangkan bunga terbantu penyerbukannya oleh lebah.
Simbiosis antara jamur dan ganggang. Ganggang memiliki klorofil untuk melakukan fotosintesis sehingga menghasilkan energi atau makanan yang dibutuhkan oleh jamur.
b.      Simbiosis parasitisme
Parasitisme adalah hubungan antarorganisme yang berbeda spesies, bilasalah satu organisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari hospes/inangnya sehingga bersifat merugikan inangnya.
Contohnya :
Simbiosis antara cacing pita dengan tubuh manusia. Cacing pita hidup secara endoparasit di dalam usus manusia. Manusia dirugikan karena cacing pita mengisap darah dan sari makanan yang dibutuhkan manusia sehingga manusia menjadi kurus dan pucat karena kekurangan darah dan sari makanan. Cacing pita menjadi diuntungkan karena mendapat makanan untuk kelangsungan hidupnya. 
Simbiosis antara jamur dengan tubuh manusia. Jamur seperti jamur panu hidupnya menempel pada kulit manusia. Jamur diuntungkan karena mendapat makanan dari tubuh manusia. Manusia dirugikan karena selain merasakan gatal, manusia juga kehilangan zat makanan yang diambil oleh jamur
c.       Simbiosis komensalisme
Komensalisme merupakan hubunganantara dua organisme yang berbeda spesies dalam bentuk kehidupan bersama untuk berbagi sumber makanan; salah satu spesies diuntungkan dan spesies lainnya tidak dirugikan.
Contohnya :
Simbiosis antara anggrek dengan pohon mangga.anggrek menempel pada pohon mangga, sedangkan pohon mangga yang ditempeli tidak merasa dirugikan karena anggrek dapat membuat makanan sendiri sehingga tidak mengisap makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya.
·         Hubungan kompetisi
Hubungan kompitisi merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan.
Contohnya :
domba, sapi, kuda, zebra, dan rusa yang hidup di dalam ekosistem padang rumput saling bersaing untuk mendapatkan rumput sebagai bahan makanannya.
·         Hubungan predasi
Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tak dapat hidup.
Contohnya hubungan singa dengan mangsanya, yaitu kijang, rusa,dan burung hantu dengan tikus

2.      Skema aliran materi dan energy dalam ekosistem
Jawab :

3.      Apa yang Anda pahami tentang ekologi industry
Jawab : ekologi industry adalah sebuah system dimana di dalamnya terdapat aliran energy massa, proses-proses dan interaksi antar proses.

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar: